Silahkan cari disini

Sunday, October 21, 2018

Cara Membasmi Virus Komputer

Apa yang akan kalian lakukan jika Komputer atau Laptop kamu terinfeksi virus? Virus menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh pengguna komputer diseluruh dunia, karena virus dapat merusak kinerja laptop, dapat juga menyebabkan kehilangan data-data penting, dan masih banyak kerugian yang ditimbulkan jika komputer atau laptop kamu sudah terinfeksi virus.




Salah satu contoh penyebab masuknya virus pada perangkat, ketika anda mendownload sebuah film maupun lagu di internet yang didalamnya sudah tertanam virus yang dapat masuk pada perangkat anda.


Berikut ini contoh-contoh virus yang paling sering ditemukan oleh para pengguna komputer, antara lain:

1. Worm

Worm adalah virus berbahaya, karena jenis virus ini menyebar dengan email yang diterima oleh seorang pengguna komputer. Ketika file tersebut dibuka atau dijalankan maka virus worm ini langsung menyebar ke perangkat komputer.

2. Spyware

Spyware mrupakan program virus yang dapat menginstall sendiri tanpa perlu kita mengkliknya, karena virus ini menginfeksi tanpa sepengetahuan korban. Program jahat ini dapat melakukan tindakan-tindakan berupa merubah beberapa konfigurasi komputer maupun mengumpulkan data-data pribadi milik korban.

3. Trojan

Virus trojan ini memiliki kemapuan untuk menyembunyikan dirinya di dalam program lainnya yang terdapat di perangkat. Virus ini memiliki kemampuannya untuk memasuki perangkat korban tanpa perlu interaksi penuh dari penggunanya.


Cara Membasm Virus Komputer

Lalu langkah apa yang harus kita ambil? jika virus sudah bersarang di perangkat komputer kita? Simak KomputerTech akan memberikan cara dibawah ini.

1. Gunakan Command Prompt

Menggunakan Command Prompt menjadi salah satu alternatif pertama yang perlu kamu coba, karena anda tidak perlu menggunakan aplikasi anti virus sebelumnya. Perhatikan cara dibawah ini agar tidak terjadi salah paham dalam mengaplikasikan cara tersebut. 
  • Pertama, klik Start dan ketik cmd. Jika sudah, klik kanan untuk menjalankannya sebagai administrator. jadi, Run as administrator. 
  • Misalnya, yang ingin anda tuju adalah drive D, maka ketik saja dir D:attrib -s-h /s /d. Dan tekan enter. Jika anda ingin memeriksa drive selain D, maka anda tinggal ganti saja lokasi drive yang akan anda perika.
  •  Setelah itu, maka commadn prompt akan segera mengeksekusi drive yang dipilih dan memuat semua file pada drive tersebut.
  • Kemudian, cari file yang menurut anda asing dengan format EXE, yang dimana anda sama sekali tidak pernah menginstall sebelumnya, maka hapus saja melalui command prompt ini.
  • Jika dirasa format asing tersebut tidak dapat dihapus, anda dapat menghapusnya melalui sistem registrasi. Dengan cara Win + R melalui run dan ketik REGEDIT dengan cara Start>Run>Regedit>Edit>Find> masukkan nama file virus tersebut yang anda temuka di command prompt, dan hapus semua registry yang ada, termasuk folder sekalipun.

2. Matikan Layanan yang mencurigakan Melalui Task Manager

Langkah selanjutnya, anda dapat mengecek adanya virus menggunakan program task manager, hal ini juga tidak menggunakan aplikasi anti virus sebelumnya. Simak cara penggunannya berikut ini.
  • Pertama, buka task manager dengan menekan CTRL + SHIFT + ESCAPE. Lalu lihat layanan apa yang sedang berjalan jika mencurigakan segera matikan!
  • Kemudian jalankan MSCONFIG di Start>Run
  • Langkah berikutnya, setelah masuk ke System Configuration, masuklah ke opsi Service. Anda tentu saja diharuskan menghapus semua kolom centang yang mencurigakan. Misalnya anda tidak pernah install namun terdapat service tersebut pada kolom pilihan.
  • Setelah itu, masuk ke Startup. Disini tentu anda akan melihat semua file yang menurut anda mencurigakan. Tandai saja file tersebut yang mencurigakan. 
  • Sekarang, buka command prompt, kemudian cari file dengan nama yang mencurigakan tadi. Lalu hapus file tersebut melalui CMD, sama seperti cara pertama.


3. Cara Membasmi Virus di Komputer dengan Anti Virus

Selain dengan cara manual tadi yang saya elaskan diatas, anda juga dapat menggunakan antivirus pihak ketiga untuk menghilangkan virus berbahaya.

Misalnya, anda dapat menggunakan antivirus Smadav, Avast, AVG, Avira, Norton, Kaspersky, dan lain-lain. Gunakan antivirus yang rasa cukup mumpuni untuk membasmi virus, dan jangan lupa selalu update anti virus tersebut secara online dan juga rutin melakukan scanning semua file komputer. Dan antivirus tersebut akan mendeteksi dan membersihan file-file jahat yang gak beres. 


4. Format Partisi

Selanjutnya adalah dengan cara melakukan format terhadap partisi yang telah diduga terinfeksi virus. Cara satu ini tergolong beresiko dan tidak menjamin akan berhasil.


5. Install Ulang Windows

Langkah ini merupakan opsi terakhir jika virus sudah menginfeksi semua sistem komputer dan menjadi sudah parah, Hal yang dapat anda lakukan dengan cara Install ulang Windows.
Dengan cara ini virus akan lenyap karena sudah menginstall ulang tetapi sebelum melakukan install ulang ada baik nya backup dulu data-data yang dirasa penting buat anda.

Silahkan terapkan cara membasmi virus komputer yang menurut adan paling sesuai, semoga dengan cara kondisi komputer atau laptop anda menjadi lebih performa dan akan lebih meningkat.


Jika ingin memberikan masukkan silahkan di kolom komentar, semoag bermanfaat.

 
  

No comments:

Post a Comment

Designed By