Silahkan cari disini

Saturday, September 22, 2018

Tips Meningkat Kinerja Smartphone Android

Halo apa kabar? semoga kalian baik-baik saja ya, kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana sih meningkatkan kinerja Android anda? Merasa ada perubahan pada smartphone Android? Yang kian melambat atau loyo..heheee.. Jangan panik, menurunnya performa smartphone Android tidak selalu dikatakan sudah mau rusak ya. Android merupakan OS modern, sehingga lebih kompleks, butuh perlakuan dan perawatan ekstra. Nah berikut saya berikan tips untuk meningkatkan kinerja Android yang lamban.


1. Pasang aplikasi versi ringan (Lite)

Memang mustahil bagi semua orang untuk melakukan upgrade perangkat keras mereka, tapi saat performa sudah menurun, mungkin ada baiknya Anda lebih bijak dalam menentukan aplikasi yang dipasangkan pada smartphone Anda. Tapi sekarang sudah banyak aplikasi yang tersedia dan ringan untuk di pakai di ponsel Android kamu, antara lain:

  • Facebook Lite
  • Messenger Lite
  • Twitter Lite
  • Line Lite
  • Shazam Lite
  • PhotoGrid Lite
  • Camera 360 Lite
  • Clean Master Lite
2. Menghentikan Proses Aplikasi di Belakang Layar

Beberapa aplikasi Android sudah memiliki kemampuan multitasking yang sangat baik, namun tentu kemampuan perangkat ada batasnya, semahal apa pun ponsel Android sebagian besar aplikasi mempunyai ijin akses untuk berjalan di belakang layar.

Kadang kala perangkat Android dipaksa untuk menutup aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Bahkan tak jarang ditambah dengan perintah baru yang datang dari pengguna saat membuka aplikasi atau game baru.

Berikut aplikasi Android taks killer yang patut Anda install :


  • Task Manager - Free
  • Super Task Killer - Free
  • Go Cleaner & Task Manager - Free
  • Simple Task Manager - Free

3. Pindahkan Data Besar ke Memori Eksternal

Kapasitas memori internal perangkat Android berbeda tergantung kelasnya. Walau begitu, alokasi data menjadi sangat penting sekali sebab memori internal memikul beban data sehingga perangkat mulai berjalan lamban. Untul itu semua data yang ada seperti musik, foto, dab video agar di pindahkan ke memori eksternal.

4. Matikan Fitur Auto-rotate

Fitur ini memungkinkan kita untuk mendapatkan orientasi layar yang sesuai dengan posisi perangkat secara otomatis. Biasanya pengguna Android selalu mengaktifkan fitur ini.

5. Copot aplikasi atau game yang tidak guna

Cara mempercepar performa smartphone Android dengan cara mencopot atau menguinstall aplikasi atau game yang tidak penting misalnya chrome. Matikan saja jika Anda sudah memakai opera.

6. Kurangi Jumlah Widget di Home Screen Klian

Anda harus tahu bahwa dengan memasang widget tentu bisa mempercantik layar home screen kalian, tetapi hal tersebut ternyata mengkonsumsi banyak resource RAM . Hasilnya perangkat kita terasa lambat.

7. Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Dengan memasangkan live wallpaper tentu saja membuat tampilan layar depan menjadi ciamik. Tetapi karena fitur ini terus bergerak sehingga membebani CPU perangkat terus tanpa henti. Selain juga tentu membuat baterai boros.

8. Gunakan Launcher Sederhana

Launcher kadang kala membuat kita bosan ya, Anda boleh memasang launcher pihak ketiga tapi launcher tersebut memiliki kapasitas berkas yang rendah dan tak membebani perangkat secara berlebihan.

itu dia sedikit tips untuk meningkatkan performa smartphone Android, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.






No comments:

Post a Comment

Designed By