Silahkan cari disini

Wednesday, September 19, 2018

Sejarah Perkembangan Teknologi Bluetooth



























Apa kabar para pembaca? Klian masih ingat dengan apa itu Bluetooth? Bluetooth adalah sebuah alat yang keren dan ajaib karena memiliki fungsi menerima dan mengirim sebuah file apapun ke perangkat lain. Klian pasti berpikir, bagaimana bluetooth itu bekerja padahal tidak memakai kabel dan bagaimana bisa mengirim dan menerima file. Baik saya akan jelaskan bagaimana bluetooth itu berkembang dari awal sampai sekarang ini.
  

Sejarah Bluetooth

Sebenarnya bluetooth itu adalah sebuah nama spesifikasi dari industri untuk jaringan Kawasan pribadi ( Personal Area Network / PAN ). Bluetooth sendiri dikenalkan pertama kali pada tahun 1999 yang disponsori oleh 5 Perusahaan besar yaitu, Ericsson, IBM, Intel, Nokia, dan Toshiba. Teknologi bluetooth hanya dipakai untuk komunikasi wirelles (tanpa kabel) yang beroperasi dalalm pita frekuensi 2,4 GHZ. Dengan menggunakan sebuah frekuensi hopping transceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas yakni sekitar 10 meter. Bluetooth berupa kartu yang menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11 dengan jarak layanan yang terbatas dan kemampuan data transfer file rendah dari kartu untuk Wirelles Local Area Network (WLAN). Bluetooth sendiri dikembangakan dan distribusikan oleh sekelompok B-SIG (Bluetooth Special Interest Group).

Awal Mula Nama Bluetooth dan Pembuatan Logo

Nama Bluetooth berasal dari nama raja di akhir abad sepuluh. Harald Blatand (Abad 10) yang inggris juluki Harald Bluetooth yang kemungkinan karena gigi nya berwarna gelap.  Ia adalah seorang raja Denamrk yang telah berhasil menyatukan suku-suku yang sebelumnya berperang. Dari situlah teknologi bluetooth hmapir mirip dengan kemampuan raja itu yang sebagai pemersatu juga mirip dengan teknologi bluetooth. Bluetooth sekarang bisa menghubungkan berbagai peralatan seperti komputer personal dan telepon genggam. Logo bluetooth sendiri berasal dari penyatuan dua hurup jerman yang analog dengan hurup H dan B ( Harald Bluetooth ).

Fitur Keamanan Bluetooth
  
Bluetooth secara umum dirancang memiliki fitur-fitur keamanan sehingga dapat digunakan secara aman baik dalam lingkungan bisnis maupun rumah tangga. Fitur-fitur yang disediakan bluetooth antara lain:
  • Enkripsi Data
  • Auntentifikasi Pengguna
  • Lompatan Frekuensi cepat (1600 hops/sec)
  • Kontrol Pengeluaran Energi

Penggunanan Bluetooth Sampai Sekarang

Sampai saat ini, teknologi bluetooth tidak hanya digunakan sebagai media pengiriman data. Beberapa perangkay seperti, Speaker, Jam Tangan, Tv, Game Console, PC, dan bahkan headset sudah banyak menggunakan teknologi bluetooth. Sebagai kemajuan salah satu fitur utama untuk koneksi dengan perangkat smartphone. Biasanya bluetooth yang sering kita pakai adalah A2DP (Advanced Audio Distribution profile). Kemampuan ini memungkinkan seluruh data audio high quality (Stereo dan Mono). A2DP didesain untuk menghantarkan uni-directional streaming audio dengan kualitas streaming audio dan kualitas stereo 2 channel dari sebuah MP3 ke sebuah headset atau audio mobile.

Perkembangan Versi Bluetooth dari Zaman ke Zaman

Teknologi bluetooth sampai sekarang sudah memiliki banyak versi. Versi pertama tentu saja adalah v1.0 dan v1.0b. Versi yang mengalami kegagalan karena perangkat dan teknologi saat itu banyak menggunakan bluetooth masih menggunakan infrared.

Berikut beberapa versi yang sudah hadir:

Blueooth versi 1.1 dan 1.2

Bluetooth ini menunjukkan perbaikan dengan disahakn sebagai standar IEEE standard 802.15.1-2002, versi ini masih mengalami banyak kegagalan karena masih membawa kekurangan pada veri sebelumnya. Dan kembali diperbaiki menjadi v1.2 versi ini memiliki kompatiblitas dengan teknologi sebelumnya dengan kecepatan 721 kbit/s. Perkembangan bluetooth tidak berhenti sampai versi v1.2 saja.

Bluetooth versi v20 + EDR dan v2.1 + EDR

Bluetooth v2.0 + EDR diperkenalkan pada tahun 2004 Pada versi ini menggunakan teknologi Enhanced Data Rate (EDR) untuk mentransfer data yang lebih cepat. EDR mendukung kecapatan transfer data hingga 3 mbit/s, meskipun pada saat ditest kecepatannya hanya sampai 2.1 mbit/s. Setelah tiga tahun peluncuran v2.0 + EDR Blutooth SIG mengumukan kehadiran Bluetooth v2.1 + EDR yang mendukung penuh kompatibilitas terhadap versi sebelumnya.

Bluetooth versi 3.0 + HS

Bluetooth versi3.0 + HS diperkenalkan pada 21 april 2009, yang menyediakan kecepatan hingga 24mbit/s. Karena pada versi ini link bluetooth digunakan untuk pairing dan pembentukan jalur akses data. Sementara pengiriman dan penerima data menggunakan link wirelles 802.11 (sama seperti WI-FI). Fitur ini menambahkan Alternate MAC/PHY (AMP) yang memberikan dukungan link 802.11 untuk mentransfer data jauh lebih cepat.
Bluetooth versi 4.0

Pada tahun 2010 bluetooth mengeluarkan versi v4.0 yang menggunakan fitur Bluetooth Low Energy (BLE). Konsumsi daya yang kecil, waktu pemakain lebih lama, biaya produksi juga kecil, jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbs/s menjadi unggulan bluetooth v4.0 ini.BLE tidak digunakan pada semua perangkat oleh kerana itu Bluetooth v4.0 ini menggunakan teknologi Dual Mode, yaitu mengaktifkan dua tipe wireles. Koneksi wirelless bluetooth classic yang masih banyak digunkan pada perangkat yang ada dan BLE sebagai standard baru penggunaan koneksi wireless.

 

Nah itulah sedikit sejarah dan perkembangan teknologi dari masa ke masa. Semoga bermanfaat bagi kita semua.





 













No comments:

Post a Comment

Designed By