Silahkan cari disini

Thursday, September 13, 2018

DEFENISI TENTANG SAINS DAN CONTOHNYA

Pengertian Sains Secara Singkat Dan Jelas



Pengertian sains adalah berasal daru bahasa latin yaitu "scientia" yang artinya pengetahuan. Jadi definisi sains adalah suatu cara untuk mempelajari berbagai aspek-aspek tertentu dari alam secara teroganisir, sistematik & melalui berbagai metode sainstifik yang terbakukan. Ruang lingkup sains terbatas pada berbagai hal yang dapat dipahami oleh indera (penglihatan,sentuhan,pendengaran,rabaan & pengecapan) atau dapat dibilang sains itu adalah ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui pembelajaran dan pembuktian.

Defini sains seperti diatas seringkali dikenal atau disebut dengan sains murni, yang untuk dapat membedakan dengan sains terapan, yang merupakan aplikasi dari sains yang ditujukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Ilmu sains pada diklasifikasikan menjadi 2 (dua), antara lain:


  • Natural sains / ilmu pengetahuan Alam.
  • Sosial sains / ilmu pengetahuan sosial.

Inilah tujuan dari sains
Apakah tujuan dari sains itu sendiri? Mungkin gambarannya seperti ini, bahwa tujuan dari sains itu adalah untuk menghasilkan sesuatu model yang dapat berguna tentang realitas. Pada umumnya penyelidikan ilmiah menggunakan beberapa bentuk metode ilmiah. Secara umum metode yang dipakai, yaitu:

  • Observasi
  • Hipotesis
  • Prediksi
  • Penelitian
  • Kesimpulan
Apakah itu sains?
Dan inilah contoh dari pembagian bidang sains
Lalu di bagian ini ada beberapa contoh dari sekian banyak pembagian berbagai bidang sains, khususnya IPA atau natural sains, seperti:

  • Biologi (Biology) = Anatomi, biofisika, genetika, ekologi, taksonomi, virulogi, zoologi dan lain-lain.
  • Kimia (Chemistry) = Kimia Analitik, Elektrokimia, kimia organik, kimia anaorganik, ilmu material, kimia polimer, thermokimia dan lain-lian
  • Fisika (Physics) = Astronomi, kinetika, fisika nuklir, dinamika, fisika material, mekanika mekanika quantum, thermodinamika, optik dan lain-lain.
  • Ilmu bumi (Earth Science) = Ilmu lingkungan, geologi, geodesi, hydrologi, paleontologi, meterologi, oceanografi dan lain-lain

PENGERTIAN, PERBEDAAN, CONTOH KEGUNAAN ILMU PENGETAHUAN

1.Ilmu Alamiah
1. Pengertian ilmu Alamiah:
Ilmu alam atau ilmu pengetahuan alam adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dan dimana pun.

2.Kegunaan:
- untuk mengetahui apa aja yang ada di alam semesta ini.
- untuk menemukan penjelasan umum tentang gejala dan hubungan gejala yang terjadi secara ilmiah.
- untuk mengembangkan kesadaraan tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara ilmu pengetahuan alam, lingkuan, teknologi dan masyarakat.

3.Contohnya:
a) ilmu kimia mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari.
b)ilmu biologi mempelajari kehidupan yang sangat luas dan mencakup semua mahluk hidup.
c)ilmu fisika yang mempelajari sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas dan mempelajari gelaja alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu.

1. Pengertian Ilmu Sosial:
Ilmu sosial adalah ilmu pengetahuan sosial tentang sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspke yang berhubungan dengan manusia dan lingkuangan sosialnya.

2. Kegunaan Ilmu Sosial:
Untuk mengenal dasar-dasar ilmu sosial dalam kehidupan sehari-hari untuk mempelajari aspek-aspek masyarakat secara subjektif, inter-subjektif, dan objektif attau struktural. Dan menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan keserajatan manusia dengan landasan nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Contohnya:

  1. Antroplogi, yang mempeljari tentang masyarakat suatu etnis tertentu.
  2. Ekonomi yang mempelajari produksi dan pembagian kekayaan dalam masyarakat.
  3. Geografi, yang mempelajari lokasi dan keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.
  4. Hukum, yang mempelajari sistem aturan yang telah dilembagakan.
  5. Linguistik, yang mempelajari aspek kognitif dan sosial dari bahasa.
  6. Pendidikan, yang mempelajari masalah yang berkaitan dengan belajar, pembelajaran, serta pembentukan karakter dan moral.
  7. Politik, yang mempelajari pemerintahan sekelompok manusia (termasuk negara)
  8. Psikologi, yang mempelajari tingkah laku dan proses mental.
  9. Sejarah, yang mempelajari masa lalu yang berhubungan dengan umat manusia.
  10. Sosiologi, yang mempelajari masyarakat dan hubugan antar manusia didalamnya.

1. Ilmu Budaya
Pengertian Ilmu Budaya adalah kumpulan kepercayaan yang menjadi tradisi oleh sekelompok orang atau suku dalam menjalankan tradisi selama turun menurun.

2. Kegunaan:
Kebutuhan masyarakat dibidang spiritual dan materiil sebagian besar dipenuhi oleh kebudayaan yang bersumber pada masyarakat itu sendiri. Dan juga untuk mengenal kebudayaan yang ada diindonesia ke mancanegara.

3. Contohnya:
  • bahasa adalah alat atau perwujudan  yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan atau gerakan (bahasa isyarat)
  • Kesenian mengacu kepada nilai keindahan itu sendiri yang berasa dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang bisa dinikmati dengan mata maupun telinga.
4. Perbedaan dari ilmu alamiah, ilmu sosial & ilmu kebudayaa:
  • ilmu alamiah mempelajari hubungan gejala yang terjadi secara alamiah.
  • ilmu sosial mempelajari dasar-dasar ilmu sosial dalam kehidupan sehari-hari
  • ilmu kebudayaan mempelajari aspek-aspek kehidupan masyarakat.

Nah itu Definisi tentang sains, beberapa kegunaaan dan perbedaan, semoga dapat mejadi sumber inspirasi dan pengetahuan bagi semua.


Semoga bermanfaat




No comments:

Post a Comment

Designed By