Silahkan cari disini

Saturday, September 29, 2018

Bagaimana Terbentuknya Tsunami






Halo apa kabar? Apakah kalian disana baik-baik saja.
Penulis kali akan menjelaskan sedikit tentang bencana alam yang maha dasyat ini. Ya, Tsunami, apakah kalian pernah mendengar bencana tsunami? saya rasa pasti sudah ya. Tsunami pertama kali terjadi di negara tercinta kita ini yaitu di Aceh. Dengan kekuatan tsunami tersebut berhasil menghancurkan provinsi Aceh. Nah kalian pasti bertanya, bagaimana kok bisa sih terjadi tsunami dan apa hubungannya dengan Gempa bumi.
Baiklah penulis akan menjelaskannya, dengarkan baik-baik ya.


Proses terbentuknya tsunami

Indonesia sering dilanda oleh tsunami, karena indonesia berada diantara 3 lempeng tektonik dan ring of fire. Nah kamu harus tahu bahwa bencana ini merupakan salah satu bencana paling mematikan saat ini. Yang dapa menyebabkan ribuan korban bahkan jutaan korban jiwa! Lalu apa sih hubungannya Tsunami dengan lempeng tektonik atau dengan gunung berapi?

Tsunami adalah gelombang besar yang terbentuk akibat dari gempa bumi, longsor, letusan gunung berapi atau peristiwa lainnya di laut atau samudera.

Tsunami sendiri berasal dari kata jepang lho. Tsu artinya pelabuhan dan nami artinya gelombang atau dengan kata lain disebut dengan gelombang pasang.
karena adanya faktor perbedaan ini antara gelombang pasang dan tsunami, istilah tsunami kini lebih dikenal sebagai gelombang yang sangat tinggi yang diakibatkan oleh kegiatan seismik.

Bagaimana Proses tsunami itu?

Proses terjadinya tsunami adalah berawal dari gerakan vertikal pada lempeng yang berupa patahan/sesar. Patahan ini menyebabkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba guys atau dalam fase ini dinamakan dengan gampa bumi. Biasanya gempa bumi itu terjadi di daerah subduksi. Nah karena adanya gempa bumi ini pula keseimbangan air diatasnya menjadi terganggu sehingga terjadi suatu aliran air energi air laut. Energi ini pula yang membawa gelombang bergerak menuju pantai dan biasa yang kita sebut dengan Tsunami!

Apakah Tsunami terjadi akibat gempa bumi saja?

Belum tentu ya! Karena tsunami dapat terjadi karena beberapa faktor. walaupun hampir 90% faktor penyebab terjadinya tsunami karena gempa bumi itu sendiri. Karena gempa bumi bawah laut dari 10% lainnya dapat berupa letusan gunung berapi atau meteor/asteroid yang jatuh ke laut yang intinya dapat menyebabkan keseimbangan air laut terganggu.

Tsunami sendiri bukan merupakan gelombang tunggal yang sekali datang habis, namun tsunami merupakan serangkain gelombang besar. Di lautan terbuka gelombang tsunami tidak terlalu terlihat besar lho guys, tapi ketika sampai perairan dangkal, gelombang tsunami menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan air normal. Nah gelombang cepat inilah yang membuat kerugian dan korban jiwa.

Berbicara mengenai kecepatan tsunami itu sendiri, maka kita harus mengerti berapa sih kedalaman laut tersebut? Kecepatan gelombang tsunami bisa mencapai ratusan km/jam lho! Di tengah laut yang luas, tinggi gelombang tsunami hanya beberapa sentimeter dan meter saja, tapi ketika mencapai pantai, tingginya mencapai puluhan meter! Bertambahnya ketinggian gelombang tersebut karena adanya pemumpukan massa dalam jumlah yang banyak.

Setelah kamu mengetahui proses terbentuknya tsunami, penulis akan memberikan info bagaimana tanda-tanda tsunami tersebut terjadi.
  • adanya gempa dan gempa pengiring
  • kondisi air dipantai yang tiba-tiba surut (kembali ke laut)
  • terdengar suara seperti gemuruh
  • gelombang air pasang yang sangat tinggi 


Jika kamu tinggal di wilayah pesisir pantai agar mengetahui hal ini dengan baik tentang bencana tsunami. Selain untuk berjaga-jaga, sepertinya masyarakat dinegara jepang sana, mereka bahkan dididik untuk memahami bagaimana sistem evakuasi yang baik saat tiba-tiba tsunami datang menerjang. Sehingga dapat menekan angka korban jiwa atau mengurangi kerugian baik secara fisik, ekonomi, sosial dan lingkungan!


 

Nah itu guys, sedikit penjelasan tsunami ya. Semoga bermanfaat😃😃😃







 

No comments:

Post a Comment

Designed By