Silahkan cari disini

Sunday, September 16, 2018

Apa itu eSIM dan Bedanya dengan SIM BIASA?




Perusahaan apple baru saja  mengumumkan bahwa iphone terbaru akan support dual SIM meskipun (sayangnya) salah satunya adalah eSIM. Karena pada Apple Watch 3 yang dirilis tahun lalu juga sudah memperkenalkan teknologi eSIM. Namun eSIM ini masih belum bisa kita gunakan di indonesia karena operator indonesia belum mendukung sistem ini. Meskipun demikian, Menariknya kita perlu membahasa apa itu eSIM dan bedanya dengan SIM pada ummunya yang kita gunakan pada ponsel saat ini

Jika melihat kebelakang kembali, sebenarnya Microsoftlah yang pertama kali mempopulerkan teknologi eSIM ini melalui acara Computex 2017 yang mana microsoft sangat berambisi mengembangkan teknologi ini. Seperti Google Pixel 2 yang sudah dirilis juga memakai teknologi eSIM.

Apa itu eSIM?

eSIM adalah singkatan dari embedded SIM, dalam artiannya SIM tertanam di perangkat elektronik dengan kemampuan mengangkap data seluler. Ukuran eSIM lebih kecil dari SIM biasa dan sementara hanya untuk digunakan menangkap data seluler. Meskipun besar kemungkinan bisa digunakan pada sistem jaringan GSM. Karena ukuranya yang kecil, eSIM memungkinkan perangkat memiliki ukuran lebih kecil dan ringkas. Apple Watch 3 adalah salah satu contoh pemanfaatan eSIM dalam sebuah perangkat berukuran kecil.


   

Apa Beda eSIM dengan SIM Biasa?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, selain dimensi eSIM yang kecil, eSIM hanya memiliki kemampuan terbatas dibandingkan dengan SIM tradisional. eSIM belum dapat digunakan untuk menelpon dengan geleombang umum, namun ini bisa berubah di masa akan datang. Tidak semua operator yang support teknologi eSIM. Karena eSIM hanya tersedia di Amerika Serikat dan beberapa benua Eropa.

Apa Peluang Menggunakan eSIM di Indonesia?





Menerapkan teknologi eSIM mungkin tidak serumit upaya mengaplikasikan koneksi seperti 5G misalnya, operator-operator seluler di indonesia memiliki peluang untuk 'untuk memeluk teknologi ini', dengan syarat mereka mau mempertimbangkannya.
Teknologi eSIM sudah dimanfaatkan pada Connected PC, Apple Watch 3, serta iphone Xs, Xs Max, dan Xr yang baru dirilis kemarin. Mungkin sudah waktunya operator indonesia mau memikirkan untuk mengaplikasikan teknologi eSIM ini.


semoga bermanfaat




No comments:

Post a Comment

Designed By