Silahkan cari disini

Thursday, September 13, 2018

9 Manfaat air bagi kehidupan




Manfaat air adalah sumber kehidupan bagi kita semua dan merupakan element penting bagi sumber kehidupan di bumi. bahwa air selalu tidak terpisahkan dari kehidupan manusia sehari- hari. Manusia, dan bahkan makhluk hidup yang lainnya pun tidak bisa hidup tanpa adanya air. Air dapat digunakan bahkan dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup.


Fungsi yang paling utama yang dimiliki oleh air untuk menjaga kelangsungan hidup makhluk adalah sebagai pengisi cairan di dalam tubuh. Maka dari itulah makhluk hidup meminum air (baca: jenis air di Bumi). Bahkan makhluk hidup tidak akan tahan tanpa minum hanya dalam beberapa hari saja. Selain digunakan untuk minum, air juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan- kepentingan yang lainnya. Jika kita membicarakan mengenai kebermanfaatan dari air ini maka tidak akan ada habisnya. Hal ini karena air memang sangat dibutuhkan dan sangat penting di Bumi (baca: kerak Bumi dan inti Bumi) ini.
Kali ini kita akan membahas mengenai kebermanfaatan air, terutama bagi kehidupan manusia yakni dalam aktivitas sehari- hari. Adapun berbagai macam manfaat air (baca: fungsi air hujan) yang dapat kita rasakan dalam aktivitas sehari- hari antara lain manfaat bagi kehidupan manusia :

  1. Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh
Salah satu dari tubuh yang harus kita jaga dan kita pelihara adalah bahwa tubuh tidak boleh sampai kehabisan cairan. Tubuh makhluk hidup, tidak hanya manusia namun juga binatang dan juga tumbuhan membutuhkan cairan. Jika tubuh tidak mempunyai cairan sama sekali maka tubuh akan mengalami dehidrasi, lemas, pingsan atau bahkan kematian. Oleh karena itulah tubuh sangat membutuhkan adanya cairan ini. selama ini kita memenuhi kebutuhan cairan sehari- hari melalui minum air.
Nah, dari sinilah maka kita mengetahui bahwasannya pemasok cairan yang ada di dalam tubuh adalah dari air. Air yang dikonsumsi masyarakat bisa berupa air putih ataupun air yang berwarna. Semua jenis air dapat berperan sebagai cairan di dalam tubuh. Karena air pula kita bisa meningkatkan daya konsentrasi pikiran kita. Sebaliknya, jika kita kekurangan cairan (sebut saja kurang minum), maka kita akan mudah sekali tidak fokus dalam memikirkan seseuatu hal. Seringkali kita buyar dan daya konsentrasi kita juga menurun.
Maka dari itulah jangan sampai kita kekurangan minum cairan yang akan berdampak pada menurunnya konsentrasi kita. hilangnya tingkat konsentrasi akan menjadi penyebab banyak masalah yang bisa mengacaukan kehidupan lainnya. Maka dari itulah budayakan minum air putih yang cukup setiap harinya, yakni minimal 8 gelas per hari.
  1. Menyegarkan badan
Fungsi air yang kedua juga tidak jauh dari kesehatan tubuh. Bahwasannya air akan menjadikan tubuh kita menjadi lebih segar dan bugar. Ketika tubuh kita kekurangan cairan, maka yang akan kita rasakan adalah badan menjadi lemas dan juga letih. Maka dari itulah kehadiran air yang akan menempati posisi cairan yang ada di dalam tubuh ini akan membuat tubuh kita bugar kembali. Selain itu air juga memiliki sifat yang dingin dan menyegarkan. Sehingga kita pun akan dapat merasakan bagan kita yang segar karena telah terpenuhi kebutuhan airnya.
Jenis air yang paling baik untuk dikonsumsi sebagai air minum adalah air putih. Air putih (air putih alami dari sumber air (baca: proses terjadinya mata air) pegunungan) merupakan air yang sangat baik karena kaya akan mineral. Selain air minum kaya akan mineral yang menyehatkan, air putih juga sebenarnya adalah air yang paling menyegarkan, bahkan dibadingkan dengan air es (baca: hujan es). Meskipun air putih yang kaya akan mineral ini sangat baik untuk tubuh, namun lebih baik lagi apabila kandungan yang ada di dalam air tersebut tidak hanya mineral saja namun juga zat- zat penting lainnya.
Seiring dengan berjalannya waktu maka manusia bisa memproduksi minuman yang kaya akan sumber vitamin dan juga mineral, sehingga bisa digunakan untuk memenuhi zat- zat yang dibutuhkan oleh manusia. Namun jika dikonsumsi rutin dan jangka panjang, maka akan lebih baik tetap air putih.
  1. Membantu pekerjaan rumah sehari- hari
Fungsi air (baca: fungsi air hujan) yang lainnya adalah membantu pekerjaan rumah sehari- hari. Kita tidak dapat membayangkan apabila tidak ada air dalam kehidupan sehari- hari. Mungkin hanya beberapa hari saja hidup kita akan sangat repot. Air sangat mempunyai fungsi yang dibutuhkan dan juga fungsi yang banyak. Jika dilihat dalam kehidupan dalam rumah, maka akan diambil contoh perihal kebersihan.
Bayangkan saja tidak ada air yang mendampingi kita, maka bagaimana kita akan membersihkan peralatan- peralatan makan yang sangat banyak? Padahal kita sangat membutuhkan peralatan makan yang bersih untuk digunakan. Oleh karena itulah maka keberadaan air sungguh- sungguh sangat dibutuhkan, baik di luar rumah maupun di dalam rumah. Maka dari itulah kita sebagai manusia haruslah mampu melestarikan air yang sudah dianugerahkan untuk kita. Kita bisa memulai dengan melestarikan berbagai macam sumber air (baca: pencemaran air) yang ada di sekitar kita.
Selain itu kita juga tidak bisa atau tidak diperbolehkan untuk membuang sampah (baca: cara pemanfaatan sampah dan limbah) sembarangan. Hal ini karena membuang sampah sembarangan akan menjadikan lingkungan kotor dan tercemar yang pada akhirnya akan berdampak terhadap kualitas air yang kita gunakan. Jika kita menggunakan air bersih maka kita juga akan hidup sehat.

  1. Membersihkan badan
Selain digunakan untuk membersihkan perabotan rumah tangga, air tentu juga bisa digunakan untuk membersihkan badan. Kebersihan akan perabotan rumah tangga dan juga lingkungan di sekitar rumah kiota merupakan hal yang sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian yang khusus. Jika demikian, kebersihan akan anggota badan pun juga merupakan hal yang juga sangat penting.
Hal ini dikarenakan badan merupakan bagian dari kita. Apabila kebersihan badan tidaklah dirawat dengan baik, maka hal ini akan menyebabkan kesehatan jasmani kita akan terganggu. Akibatnya kita akan semakin mudah mengalami sakit- sakitan yang akan membahayakan nyawa kita. Oleh sebab itulah kita harus rajin mandi dengan air bersih akan badan kita bersih dan terhindar serangan berbagai virus penyakit. Untuk ukuran normal, mandi dilakukan sebanyak 2x sehari, yakni pagi dan juga sore. Hal ini akan lebih baik apabila yang digunakan untuk mandi adalah air yang baru atau air yang mampu menghilangkan kotoran tanpa harus meninggalkan jejak kotoran lainnya.
  1. Menjaga kesehatan tubuh
Selain membersihan badan ataupun peralatan rumah tangga, air juga dapat bermanfaat sebagai penjaga kesehatan tubuh. Bagaimanapun juga, air juga dapat menjaga kondisi kesehatan pada tubuh manusia. Maka dari itulah air sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Kita bisa membandingkan antara orang yang cukup mengosumsi air setiap harinya dengan orang yang kurang dalam mengonsumsi air.
Dari situlah kita dapat melihat sendiri, bahkan dari tampilan luarnya dimana orang yang cukup mengonsumsi air akan terlihat lebih sehat dan bugar daripada orang yang jarang mengonsumsi air. Orang yang kurang minum juga akan terlihat lebih pucat daripada orang yang cukup minum air. Selain itu dengan banyak mengonsumsi air maka badan kita akan lebih tahan terhadap virus sehingga penyakit yang sedang mendera kita pun menjadi mudah untuk hilang.
  1. Menjaga kelestarian lingkungan
Selain bermanfaat bagi kehidupan manusia yang bersifat intern, air juga mempunyai manfaat ekstern. Salah satu contohnya adalah menjaga kelestarian lingkungan yang ada di sekitar manusia. Misalnya, dengan adanya air yang cukup maka akan banyak pepohonan yang tumbuh subur mengelilingi rumah. Dengan demikian udara yang ada di sekitar rumah kita pun menjadi sejuk dan terhindar dari polusi udara.
Selain itu, dengan adanya air maka sungai- sungai (baca: manfaat sungai) akan terisi air sehingga akan terlihat indah dan menyejukkan mata. Lingkungan yang asri juga akan menambah ketenangan jiwa bagi orang- orang yang tinggal di sekitarnya. Oleh karena itulah kita harus selalu mengusahakan agar lingkungan yang ada di sekitar kita adalah lingkungan yang asri dengan pohon- pohon yang tumbuh subur. Karena pepohonan adalah salah satu hal yang dapat menyelamatkan kehidupan Bumi dan isinya di masa mendatang dari pemanasan global.
  1. Membantu kesuksesan bercocok tanam
Telah dikatakan sebelumnya bahwa air sangat bermanfaat bagi pepohonan agar dapat tumbuh dengan subur. Dan ternyata tidak hanya pepohonan saja, melainkan semua jenis tanaman dapat tumbuh subur berkat air. Masyarakat Indonesia sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani maupun di sektor perkebunan. Maka dari itulah kehidupan ekonomi mereka ditopang oleh keberhasilan bercocok tanam. Dan dalam hal inilah peranan air akan sangat dibutuhkan. Air menjadi kebutuhan pokok bagi para petani, karena tanpa adanya air maka petani tidak akan pernah bisa berhasil bercocok tanam.
Tanaman- tanaman yang ditanam di sawah maupun ladang sangat bergantung kepada air. Apabila tidak ada air maka tanaman- tanaman yang ditanam tersebut tidak akan bisa bertahan lama dan pada akhirnya akan mati. Jika tanaman mati maka petani akan rugi besar. Maka dari itulah petani rela membeli air atau pompa air yang kemudian disalurkan ke sungai demi bisa mengairi sawah atau ladangnya. Dengan demikian kita tahu bahwa peranan air ini sangatlah penting bagi petani.


  1. Melancarkan perekonomian masyarakat
Air juga bermanfaat untuk dapat melancarkan perekonomian masyarakat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pekerjaan sebagai penggarap lahan di bidang cocok tanam. Oleh karena itulah perekonomian masyarakat Indonesia ditopang oleh ketersediaan air (baca: polusi air). Dan ternyata tidak hanya bagi penggarap lahan saja, namun juga profesi lainnya. Pekerjaan lainnya yang membutuhkan air seperti di bidang industri produksi maupun pengolahan. Di pabrik- pabrik yang menggunakan mesin besar pun, air sangat berfungsi untuk dapat mendinginkan mesin setelah digunakan. Maka dari itulah jika tidak ada air akan sangat merepotkan sekali.
  1. Menjaga kecantikan kulit
Air selain manjaga kesehatan manusia juga bisa menjaga kecantikan kulit. Kulit yang sehat adalah kulit yang memiliki kelembaban yang cukup. Kelembaban yang ada di kulit bisa didapatkan dari mengonsumsi air yang cukup. Oleh karena itulah untuk menjaga kecantikan kulit kita dihimbau untuk banyak mengonsumsi air. Kita juga bisa membandingkan antara orang yang kurang mengonsumsi air dengan yang cukup mengonsumsi air dilihat dari keadaan kulitnya. Pasti orang yang banyak mengonsumsi air akan terlihat lebih segar dan kulitnya lebih halus daripada orang yang kurang mengonsumsi air.
Itulah beberapa manfaat atau kelebihan yang dimiliki oleh air yang dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari- hari. Oleh karena air ini sangatlah bermanfaat maka kita harus senantiasa menjaga supaya tubuh kita tetap cukup dalam menerima air setiap harinya. Hal inilah yang akan menjaga agar kita selalu sehat dan bugar. Namun juga perlu diparhatikan, untuk air yang khusus dikonsumsi (minum) maka haruslah air yang bersih dan sehat. Air untuk dikonsumsi harus lebih bersih daripada air yang digunakan untuk mencuci, dan sebagainya.


Semoga bermanfaat









No comments:

Post a Comment

Designed By