Silahkan cari disini

Tuesday, September 25, 2018

10 fitur macOS Mojave yang wajib di ketahui




Apple secara resmi telah mengumumkan macOS terbarunya yang diberi nama macOS Mojave. Versi publik dari macOS Mojave 10.14 ini menghadirkan sejumlah pembaharuan, mulai dari Dark Mode pada seluruh sistem, aplikasi baru tambahan dihadirkan juga, seperti Apple News & Home, sampai soal bagaimana cara para pengguna merapikam tampilan desktop miliknya.

Pada OS versi terbaru ini, apple memperkenalkan cara baru kepada pengguna untuk meningkatkan bagaimana cara mereka bekerja secara efektif dengan banyak file dan soal mengakses informasi. Perubahan yang terjadi disana-sini sayangnya harus mengorbankan sejumlah hal lain.

Berikut 10 fitur baru di macOS Mojave :

1. Dark Mode

Seperti yang diketahui, fitur dark mode ini, membuat warna dock dan menu bar dari mac milik pengguna menjadi gelap. Perubahan ini membuat semua aplikasi termasuk Finder, Safari, Photos, dan Itunes, serta aplikasi pihak ketiga seperti 1Password, Things, Spark. Lewat fitur ini tadinya tampilan hanya putih menjadi hitam gelap, dan membuat mata lebih nyaman saat bekerja pada malam hari.






2. Stacks, Cara baru untuk merapikan Desktop

Lewat Stacks, semua file yang tersebar di desktop setelah menggunakan Mac untuk bekerja. Stacks secara otomatis akan merapikan, memilah file, dan menyatukan kedalam satu folder berdasarkan tipe, seperti gambar, file presentasi, file pdf, dan file text.

Para pengguna bisa merubah Stacks sesuai dengan keinginan mereka. Seperti meminta Stacks untuk memgatur file berdasarkan atribut, termasuk tanggal ataupun tag. Stacks kemudian bisa diakses dengan hanya satu klik untuk melihat semua file yang ada didalamnya.

3. Dynamic Desktop

Penampilan berubah tidak hanya terjadi didalam saja, namun bisa saja terjadi di luar. Untuk pertama kali macOS Mojave mengenalkan fitur baru yang akan merubah background seiring dengan berjalannya waktu dalam sehari.

Background Mac menampilkan sebuah padang pasir akan memiliki langit yang diterang dipagi hari, namun menjelang malam,langit akan menjadi gelap seperti layaknya di dunia nyata.





4. Finder Dengan berbagai fitur baru

Lewat tampilan Gallery di finder yang baru, pengguna dapat melihat semua file dengan visual yang lebih jelas, sementara Preview Pane akan memperlihatkan informasi metadata mengenai file terkait, mempermudah pengguna dalam menyeleksi berbagai aset media.

Quick Actions sekarang menjadi fitur yang kuat dan kaya. Pengguna tidak hanya bisa melihat saja, tapi juga mengedit dokumen PDF, serta menjalankan Automator Actions Kustom. Bahkan, pengguna tidak lagi harus membuka foto dan video untuk melakukan perubahan, karena semua itu dapat dilakukan lewat Quick Actions.

5. ScreenShot

Jika sebelumnya Screenshot hanya soal mengambil gambar saja, maka sekarang di macOS Mojave, pengguna dapat secara langsung mengambil video.

Karena fitur ini dengan mudah diakses yang hanya menekan Shift-Command-5, yang kemudian akan terbuka sebaris kontrol untuk pengambilan gambar atau video, termasuk opsi untuk memgatur timer, dan dimana hasilnya akan tersimpan.




6. Continuty Camera

Pernah kesulitan untuk mengambil gambar dan memindahkan ke Mac? Kini, hal tersebut bisa lebih mudah dilakukan. Lewat fitur Continuty Camera, pengguna bisa mengambil objek foto melalui iphone, dan hasilnya akan dapat dilihat dari Mac.

7. News, Stock, Voice Memos, dan Home

Keempat aplikasi ini tadinya hanya tersedia pada iOS saja. Tapi lewat macOS Mojave, aplikasi News, Stocks, Memos, dan Home kini menjadi lebih berguna.

Aplikasi news akan memberikan pengguna sebuah tempat yang dimana mereka bisa mendapatkan berita terbaru.

Aplikasi Stocks menunjukkan bagaimana keadaan pasar terkini, sesuai dengan apa yang pengguna inginkan.

Dengan aplikasi Home, pengguna dapat mengendalikan semua perangkat, aksesoris HomeKit lewat Mac, mulai dari mengatur suhu ruangan, menyalakan dan mematikan lampu, sampai menjaga adek bayi lewat baby monitor.

8. Berpetualang dengan Mac App Store baru

OS baru Mac App Store, semua ini pertama kali diperkenalkan pada macOS Mojave. Mac App Store sudah dirombak total, sehingga pengguna akan lebih mudah menemukan aplikasi yang diinginkan.

9. Berselancar dengan Safari

Hal yang menarik dari Safari adalah adanya fitur Intelligent Tracking Prevention dengan mesin yang baru, yang memungkinkan pengguna secara lebih mudah menjaga informasi yang keluar dari Mac.

Fitur lainnya yang tidak kalah keren adalah adanya fitur manajemen password, dimana safari bisa menawarkan pilihan membuat password, mengisi otomatis, dan menyimpan password yang kuat ketika pengguna membuat akun online baru.

10. Siri

Siri memang sudah diperkenalkan sejak hadirnya macOS Sierra, tapi sekarang Siri menjadi jauh lebih pintar dari sebelumnya. Kini, pengguna bisa meminta siri untuk semau aksi yang berkaitan denga  HomeKit. Bahkan siri bisa digunakan untuk melihat informasi tentang password juga.


Nah itulah sob 10 fitur yang dihadirkan oleh apple untuk sistem operasi mereka yang baru, yaitu MacOS Mojave. Tentu nya para pengguna komputer mac sudah menanti fitur-fitur ini.


Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment

Designed By